Categories : S E O

 

Sudahkah Anda mengenal Google Panda dan Google Penguin? Makhluk apakah keduanya? Jika Anda sering mengakses informasi melalui internet dan memanfaatkan internet untuk menjalankan bisnis, maka sebaiknya kedua istilah tadi diketahui dan diterapkan pada web yang Anda kelola. Mengapa demikian?

google-panda-and-google-penguinGoogle Panda dan Google Penguin adalah tema yang dikeluarkan oleh Google untuk memperbaiki algoritma pencarian informasi melalui hasil pencarian di search engine google. Sebagai situs pencari yang mendominasi di jagad maya, tentunya Google menghendaki bahwa hasil Search Engine Result Page (SERP) yang ditampilkan menghasilkan informasi yang tepat, cepat dan akurat sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna layanan mesin pencari.

High Quality Sites
Istilah High Quality Site menurut versi google dapat Anda jadikan sebagai rujukan untuk mendapatkan penilaian yang lebih tinggi menurut google. Sebagai mesin pencari yang memiliki pesaing seperti Bing, Baidu, dan Yahoo ataupun search engine lainnya, google menghendaki bahwa mesin-nya yang paling menghasilkan informasi bernilai lebih dibandingkan dengan pesaingnya.

Jika Anda adalah pengelola website atau pemerhati yang tertarik dengan Search Engine Optimization (SEO), hendaklah mengetahui webmaster guidelines untuk memenuhi kriteria ; Design & Content Guideline, Technical Guidelines, dan Quality Guidelines versi google silakan pelajari lebih lanjut pada link terkait.

 

Apa yang sebaiknya dihindari dalam membangun website berkualitas?

Menurut Webmaster Central Blog yang rilis Google untuk umum ada beberapa kriteria yang sebaiknya Anda hindari dalam membuat website yang berkualitas.

Keyword stuffing
Menurut google, keyword stuffing adalah aktivitas yang dilakukan untuk memanipulasi hasil ranking pencarian di google dengan cara memanipulasi memasukkan kata kunci yang tidak berhubungan dengan isi website.

Link schemes
Salah satu unsur penilaian yang google lakukan untuk merangking sebuah web adalah dengan menganalisis link-link yang terkait pada sebuah web. Kuantitas, kualitas, dan relevansi links menjadi ukuran yang perlu anda perhatikan pada saat membangun web yang berkualitas.

Google Penguin adalah update algoritma mesin pencarian google dengan menerapkan filter untuk mendeteksi website-website yang melakukan praktek keyword stuffing dan link schemes.

Webspam
Anda yang sering menggunakan internet sebagai alat pencari tentunya pernah mengalami saat kita mencari suatu informasi menggunakan mesin pencari dan mendapatkan hasil yang tidak relevan dengan query (permintaan) yang kita input pada search engine. Bahkan hasil pencarian mengarahkan kita kepada website yang sama sekali tidak berhubungan dengan apa yang kita inginkan. Hasil pencarian yang tidak sesuai ini salah satunya disebabkan oleh adanya webspam atau link farm. Melalui update algoritma Google Panda, web-web tipe ini ‘dibersihkan’ dari SERP google dan memunculkan web yang lebih berkualitas. Menurut informasi yang pernah penulis dengar pula, untuk melakukan ini google tidak sekedar menggunakan robot software yang diberi kode instruksi kompleks, namun juga google menggunakan review secara manual oleh manusia untuk menyeleksi mana web sampah dan mana web yang memang berkualitas.

Nah, buat Anda yang memang ingin membuat websitenya memiliki ranking no. 1 untuk kata kunci yang dibidiknya di SERP Google, silakan terapkan informasi ringkas pada artikel ini. Salam Online!

Silakan Like, Share, dan Comment jika ingin berbagi info ini... semoga bermanfaat

 Posted on : May 6, 2012

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.