Categories : Buku : Ku | Kami | Kita Featured

 

Menyambut Pesta Buku Bandung 2011 yang dilaksanakan 9-15 Februari 2011, saya teringat dengan buku-buku yang membahas proses kreatif dibalik terwujudnya sebuah buku oleh penulis. Proses yang dimulai dari ide sampai dengan terciptanya sebuah karya berupa buku.

Buku : Ku | Kami | Kita

Berapa banyak buku yang sudah Anda baca sampai dengan saat ini? Inspirasi apa yang seringkali Anda dapatkan setelah membaca? Apakah setelah Anda membaca memiliki keinginan pula untuk menjadi penulis? Satu diantara sekian banyak impianku adalah menjadi penulis. Kira-kira apa yang perlu dilakukan untuk mewujudkan diri menjadi penulis?

Melalui media ini, saya ingin berbagi dengan Anda seputar dunia kata. Menurut saya, untuk bisa menjadi penulis haruslah melalui proses membaca-menulis-mengarang. Ragam buku tentang menulis dan buku-buku tentang hal tersebut yang  telah dibaca serta beberapa diantaranya saya miliki menyiratkan hal tersebut.

Secara berseri saya akan menuliskan kesan dan inspirasi yang saya peroleh dari  setiap buku tentang buku dan menulis. Berikut adalah kutipan dari buku-buku tentang hal tersebut (urutan disini tidak berarti sebuah buku lebih bernilai, karena saya yakin setiap buku adalah masterpiece bagi penulisnya) :

  • Agar Menulis-Mengarah Bisa Gampang. Ikhtisar yang saya kutip dari buku karangan Andreas Harefa ini adalah : Jika Anda benar-benar belajar (praktek) mengarang, dan terus menerus menerus mempraktekkannya, Anda dimungkinkan untuk bergerak dari posisi conscious-competent menuju posisi yang lebih tinggi yakni unconscious-competent (tak sadar tapi kompeten). Pada tahap inilah Andan akan mengalami (bukan mengetahui) bahwa menulis dan mengarang memang gampang.
  • Proses Kreatif Penulis Hebat. Buku terbitan Dar! Mizan ini terbit sudah cukup lama (2003) namun isinya masih relevan untuk mengetahui bagaimana para penulis terkenal di era tahun 2000-an. Melalui buku ini, saya mendapatkan informasi bagaimana mereka melalui proses kreatif untuk menelurkan gagasan jenius dalam tulisan.
  • Langkah Mudah Membuat Buku yang Menggugah. Buku karya seorang yang saya anggap sebagai salah satu guru menulis saya.  Menurut Hernowo, siapa saja dapat membuat buku yang menggugah- yaitu buku yang bergizi tinggi, mengalir jika dibaca, menggerakkan pikiran, dan memberdayakan.
  • Dunia Kata. Buku ini mengupas proses kreatif Fauzil Adhim– penulis buku-buku bertema pernikahan dan keluarga–. Anda akan belajar bagaimana memaknai kata. Kata-kata dapat menyakiti, membuai, menasehati, menyenangkan, dan bahkan menipu! Kata berbicara banyak; menyuarakan gagasan, keinginan, emosi, dan tentu saja, menyusun kata yang segar untuk dicicipi.
  • Kiat Jadi Penulis dan Wartawan. Buku ringkas yang ditulis oleh Roesli Lahani Yunus (Alm). Beliau adalah salah satu guru menulis saya dan saya pun pernah mengikuti kursus yang diadakannya. Begitu terkesannya saya saat berjumpa langsung dan belajar dari semangatnya untuk terus berkarya sampai lanjut usia.
  • Menulis Cerita Pendek. Jacob Sumardjo sebagai seorang cerpenis dan pengamat sastra mencoba menunjukkan jalan dan memberi semangat dengan membahas teori cerpen seperti plot, tema, setting, point of view gaya suasana, dsb. Menurutnya, ” Jangan percaya bakat! Ada orang yang berbakat menulis, tapi yang lebih menentukan adalah kerja keras orang itu menggeluti dunia kepenulisan. Seorang penulis itu dibentuk, bukan dilahirkan“.
  • Pengalaman Menulis Buku Nonfiksi. Kisah yang dipaparkan oleh Wishnubroto Widarso melalui buku ini adalah tentang “perjuangan” pengarang/penulis dalam menangkap berkelebatnya sejumlah buah pikiran dan kemudian menatanya dalam wadah bernama buku.
  • Mengarang itu Gampang. Dalam 310 tanya-jawab, Arswendo Atmowiloto menuliskan pengalamannya, mempraktekkan dalam ‘kursus’ bagaimana menjadikan mengarang  sebagai soal menata jalan pikiran : dari ide yang jernih, dituliskan dengan fasih, dan akhirnya karya yang bersih.
  • Anatomi Buku.  Melalui karyanya ini, Iyan Wibowo–penikmat dan praktisi penerbitan buku mengajak kita menelisik lebih dalam bagaimana menyusun buku mencakup hal-hal : halaman pendahulu, halaman teks isi, halaman penyudah, penomoran halaman, judul lelar, sampul dan jaket buku, dan fisik buku.
  • Teknik Penulisan Feature (Karangan-Khas). Buku karya Andi BAso Mappatoto ini menyajikan kiat penulisan feature secara lengkap dan menyeluruh. Secara sistematis, dimulai dari arti istilah feature, teknik penlusan, teras, tubuh, dan penutup karangan. Selain itu, diberikan pula contoh-contoh bentuk feature.
  • Kiat Menulis Artikel Iptek Populer di Media Cetak. Penulis buku ini–Markus G. Subiyakto– mengungkapkan pengalamannya dan tanya jawab seputar proses yang dilalui untuk membuat tulisan iptek populer di media cetak.
  • Wawancara dengan J.K. Rowling. Jutaan orang telah tersihir oleh pesona Harry Potter. Jutaan orang membaca bukunya berulang-ulang dan menantikan kisahnya setiap tahun. Sosok rekaan J.K. Rowling ini telah membius jutaan orang dengan karya fantasi yang menghanyutkan. Buku ini antara lain mengungkap sisi kehidupan penulis buku serial Harry Potter mulai dari kehidupannya masa kecil, karier sebelum menjadi penulis, dan ide menciptakan buku.

Demikian sekilas buku-buku yang dapat Anda jadikan referensi untuk mengenal dan mendalami lebih jauh dunia buku dan kepenulisan. Salam sukses dari Saya untuk Anda!

Silakan Like, Share, dan Comment jika ingin berbagi info ini... semoga bermanfaat

 Posted on : February 10, 2011

2 Responses to “Dunia Kata : Membaca, Menulis, Mengarang, Buku, & Penulis”
Read them below or add one

  1. pada dasarnya semua orang bisa bercerita… segera tuangkan ide Ati dalam tulisan, jangan tunggu lengkap, tulis saja apa yang sekarang memang sudah terpikirkan… selamat menulis!

  2. setelah membaca artikel di atas,aku semakin tertarik untuk mengarang sebuah cerita.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.