Categories : Internet Marketing

 

Ruang lingkup Internet Marketing sebetulnya sangat luas.  Kita mungkin pernah mendengar istilah-istilah affiliate,  keyword, niche, SEO, Adsense, PPC, PPL, paypal, SSL, dll. Materi yang dikupas dalam situs ini meliputi aspek-aspek teknis seperti pengetahuan aplikasi komputer (sistem operasi, office suite, browser), materi-materi dasar (target market, riset, niche), maupun motivasi (mindset, tips, trik).

Sebelum melangkah lebih jauh, jika anda ingin menguasai hal ihwal internet marketing ada beberapa hal yang perlu diketahui .

Mindset

Jika kita ingin mengerti dan faham internet marketing, maka kita perlu menyesuaikan pola pikir. Kenapa demikian? Karena untuk mempelajari sesuatu hal yang baru maka kita perlu memiliki pemikiran terbuka untuk hal-hal baru. Aturan, pola, kebiasaan, dan hal-hal yang akan kita temui perlu disikapi dengan pemikiran kritis.

Menurut salah seorang guru internet marketing saya, keberhasilan kita didasari oleh beberapa hal yaitu ;

  • Belajar,
  • Praktek,
  • Fokus, dan
  • Mandiri

Dengan belajar, kita akan memahami apa itu internet marketing.  Karena internet marketing bukan hanya teori, maka kita harus praktekkan apa yang sudah kita pelajari tersebut. Luasnya dunia internet marketing bisa membuat kita hilang arah, oleh karenanya kita harus fokus terhadap prioritas yang kita tekuni. Sikap mandiri perlu dimiliki jika kita ingin menjadi seorang wirausahawan sejati, sangat tidak mungkin jika kita selalu bergantung kepada orang lain.

Siklus Bisnis Online

Proses bisnis yang terjadi pada sebuah siklus bisnis online dilakukan melalui beberapa tahap:

  • Riset
  • Pekerjaan teknis
  • Promosi
  • Transaksi

Tahap awal dan paling menentukan dalam berbisnis online adalah riset. Tahapan ini adalah penentu utama keberhasilan sebuah situs. Menurut Ed, 95 % keberhasilan ditentukan oleh bagaimana kita melakukan riset terhadap target market yang kita bidik. Tahapan selanjutnya adalah baru melakukan pekerjaan teknis seperti pemilihan domain, hosting, serta pembuatan website dengan menerapkan prinsip SEO. Berikutnya, kita melakukan promosi terhadap website. Promosi ini harus dilakukan agar kita mendapatkan trafik yang menghasilkan konversi terhadap target website kita. Jika tahapan-tahapan tersebut sudah dilakukan, barulah kita bisa berharap adanya transaksi yang terjadi pada website yang kita buat.

Tidak ada keberhasilan menjadi seorang marketer yang dapat diperoleh dalam sekejap.  Semuanya memerlukan proses pembalajaran dan waktu.

Jika anda mempunyai masalah, atau hal-hal yang tidak dimengerti, silakan kirim komentar untuk kita bahas bersama.

Salam Online,

K-mal

Silakan Like, Share, dan Comment jika ingin berbagi info ini... semoga bermanfaat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.