Categories : Leadership Tom Agency

 

Melalui rangkaian leadership series sebelumnya, kita telah belajar bahwa beberapa unsur yang harus diketahui oleh pemimpin antara lain :  Mendefinisikan pengaruh, memiliki kunci prioritas, mengurutkan hal terpenting dalam integritas, menghadapi ujian tertinggi yaitu menciptakan perubahan positif, cara cepat memecahkan permasalahan, memiliki ekstra plus sikap, mengembangkan asset manusia, dan terakhir sampai kepada kualitas wajib yang harus dimiliki pemimpin yaitu Visi!

Leadership #8 : Visi

Satu cara mudah untuk melakukan visualisasi terhadap visi adalah dengan cara membayangkan apa yang Anda inginkan untuk dicapai oleh organisasi di masa yang akan datang. Dengan memiliki visi, pemimpin yang berada dalam suatu misi akan bersama-sama dengan orang lain dalam timnya akan memiliki semangat berjuang yang tinggi dalam mencapai tujuan organisasi. Tanpa visi yang jelas dalam organisasi, maka energi akan surut dan menjadi rendah yang salah satu akibatnya adalah deadline/ target tidak dapat terpenuhi, munculnya agenda-agenda pribadi, tingkat produktivitas turun, cash flow menurun, dan yang lebih parah adalah orang-orang dalam organisasi tercerai berai. Sejatinya, sebuah visi dengan sendirinya tidak bisa menciptakan pemimpin, namun pemimpin yang mempunyai visi dan memiliki kemampuan mengkomunikasikannya akan dapat mengembangkan banyak pemimpin baru untuk menciptakan pertumbuhan berkelanjutan dalam organisasi.

Berikut adalah beberapa tips langkah yang bisa Anda terapkan dalam organisasi masing-masing :

  • Apakah Anda bisa melihat apa yang orang lain lihat? Berusahalah untuk dapat ‘melihat’ apa yang orang lain lihat dalam organisasi Anda.
  • Setelah Anda bisa melihatnya, cobalah Anda telaah lebih lanjut mengapa mereka melihatnya dengan cara seperti itu?
  • Sebagai pemimpin Anda perlu merumuskan tindakan bagaimana cara efektif dan cepat untuk bisa mengubah persepsi mereka sehingga memiliki visi yang sama dengan apa yang Anda inginkan!

Kemampuan Anda mengenai visi memiliki beberapa tingkatan. Kita dapat meningkatkan tingkat pemahaman visi ini dengan cara meningkatkan kualitas individu sampai dengan tercapainya parameter tingkatan sebuah visi. Adapun tingkat visi dapat Anda cermati dari hal berikut ini ;

  1. Banyak orang yang tidak pernah melihat visi dan mereka adalah “Pengembara”.
  2. Beberapa orang bisa melihat visi-nya tetapi tidak pernah berusaha untuk mengejarnya, merekalah para “Pengikut“.
  3. Lebih sedikit lagi orang melihat apa visi-nya dan berusaha mengejarnya. Termasuk dalam kelompok ini adalah para “Performer“.
  4. Tingkatan tertinggi dalam visi adalah seseorang yang mampu melihat, mengejar dan membantu orang lain sampai mereka bisa melihat dan mengejarnya. Mereka yang mampu melakukan hal tersebut adalah “Pemimpin“.

Marilah kita mengembangkan kemampuan untuk melihat visi agar organisasi yang kita bangun dan kita bina dapat berkembang dan berkelanjutan. Semoga!

*) tulisan ini merupakan terjemahan bebas penulis dari materi kuliah Leadership Institute (LI) yang diselenggarakan Tom Agency , Desember 2010

Silakan Like, Share, dan Comment jika ingin berbagi info ini... semoga bermanfaat

 Posted on : January 22, 2011

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.