Categories : Business Internet Marketing Investasi Motivation & Mindset Tom Agency

 

Sudahkan Anda mendengar istilah Cashflow Quadrant? Istilah tersebut dipopulerkan oleh Robert T. Kiyosaki dalam bukunya yang menjadi best seller yaitu seri buku rich dad poor dad. Dalam buku tersebut dijelaskan apa itu cashflow quadrant secara gamblang.

Pada dasarnya, setiap orang dalam kehidupannya dapat dikelompokkan dalam empat kuadran yaitu employee, self employee, business, dan investor. Apa yang menjadi ciri khas setiap kuadran? Kuadran mana yang paling memungkinkan kita mendapatkan “financial and time freedom” ? Berada di kuadran manakah kita sekarang?

Kuadran Pertama, employee atau pekerja. Diantara keempat kuadran yang ada, bagian ini adalah bagian terbesar yang dipilih oleh orang untuk memenuhi kebutuhannya. Umumnya orang berada di kuadran ini  karena ingin mendapatkan kepastian dan kestabilan. Penghasilan pasti, tunjangan pasti, gaji pasti, atau yang pasti-pasti lainnya. Padahal kepastian ini belum berarti mendapatkan sesuatu sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya, namun karena merasa nyaman maka banyak orang merasa cukup dengan kondisi ini.

Kuadran Kedua, self employee atau profesional. Termasuk dalam kelompok ini adalah orang yang mempunyai keahlian khusus seperti dokter, pengacara, artis, atlet. Keahlian yang dimiliki ini merupakan hasil dari pembelajaran, latihan, dan talenta yang dimiliki secara khusus yang tidak dimiliki oleh kebanyakan orang.

Kuadran Ketiga, business. Pada kuadran ini diisi oleh orang-orang yang memiliki bisnis bersistem. Adanya sistem dalam bisnis yang dimiliki/ dikuasai membuatnya tidak harus selalu berada pada saat bisnis tersebut berjalan.

Kuadran Keempat, investor. Kuadran ini hanya dikuasai oleh sebagian kecil orang saja. Orang-orang yang berada di kelompok investor adalah yang bisa memanfaatkan asset dan modal yang dimilikinya untuk menghasilkan passive income yang membuat kualitas kehidupannya lebih tinggi karena ia memiliki dua kebebasan yang diinginkan oleh banyak orang yaitu kebebasan keuangan dan waktu.

Semua orang pada dasarnya berhak dan dapat mencapai hasil yang terbaik asalkan ia mau berjuang dan mau membayar harga yang sesuai untuk meraih impian-impiannya. Keyakinan yang kuat dan perjuangan yang konsisten merupakan modal awal untuk meraih semua keberhasilan yang diinginkan.

Renungan untuk kita, sudahkah kita menggunakan segenap kemampuan dan usaha kita dalam menjalani kehidupan ini?

Salam online,

Kamal

Silakan Like, Share, dan Comment jika ingin berbagi info ini... semoga bermanfaat

2 Responses to “Memahami Employee, Self Employee, Business, & Investor”
Read them below or add one

  1. pengennya Si milih yang Kuadran Ketiga business.namun apa daya blum punya bisnis jadi milih yang pertama aja deh,,,hehehehe..

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.