Categories : Featured Wordpress

 

Anda sudah mempunyai web berbasis wordpress? Anda ingin berinteraksi dengan pengunjung melalui form? Ingin membuat form lebih interaktif dengan pengunjung web Anda? Anda tidak bisa dan menguasai bahasa pemrograman tetapi ingin membuat fasilitas form di blog wordpress ? Jangan khawatir, semuanya bisa dilakukan walaupun anda tidak memiliki kemampuan membuat kode program seperti php atau pun bahasa pemrograman lainnya.

Fungsi form sebetulnya dapat dengan mudah kita tambahkan pada web berbasis blog wordpress hanya dengan menambahkan plugin. Ya benar, paling tidak ada dua plugin form yang sudah pernah saya coba dan implementasikan dalam beberapa projek yang saya kerjakan yaitu plugin contact form dan cforms. Bagaimana cara menggunakannya?

cara upload pluginWordPress merupakan cms yang mudah untuk ditambahkan kemampuan dan fasilitas sesuai dengan kebutuhan dan selera pemakainya. Plugin adalah fasilitas canggih yang memungkinkan kita membuat blog wordpress kita memiliki fungsi-fungsi spesifik tertentu sesuai dengan kebutuhan. Plugin yang dapat kita gunakan untuk menerima input dari pengunjung web selain melalui comments, shout box juga dapat dilakukan dengan mengisi form. Dengan form kita bisa mendapatkan informasi lebih spesifik. Pemanfaatan plugin contact form dan cforms setidaknya dapat membantu Anda untuk hal tersebut.

Tentunya untuk bisa memanfaatkannya hal pertama adalah dengan menginstall plugin tersebut. Cara menginstall plugin ini cukup mudah, Anda dapat meng-upload-nya (mengunggah) melalui menu add new plugin pada dashboard wordpress.

Contact Form
Plugin ini cara pemanfaatannya mudah saja. Setelah plugin ini aktif, Anda tinggal membuat sebuah halaman untuk menempatkan script yang akan memanggil form ini. Seting form dapat Anda lakukan juga dengan mudah dibagian edit contact. Kesederhanaan plugin form kontak ini memudahkan pengelola blog wordpress bahkan untuk seorang pemula pun bisa menerapkannya.

edit contact form

Cforms
Bagi Anda yang memerlukan form isian yang lebih lengkap dan kompleks, nampaknya plugin ini lebih cocok karena memiliki kemampuan lebih dibandingkan dengan plugin contact form. Beberapa kelebihan plugin ini adalah :

  • Melalui cforms anda dapat menerapkan sistem multiform yang memungkinkan kita untuk membuat form isian secara berurutan dalam sebuah rangkaian.
  • Desain form dapat dilakukan dengan mudah melalui menu form setting tanpa perlu melakukan edit program. Hanya dengan proses drag-drop lalu kita edit menurut keperluan kita.

edit plugin cforms

Anda dapat mencoba melihat penggunaanya kedua form tersebut dibagian berikut :

contact form
cforms

Semoga Anda terbantu dengan penjelasan ringkas ini. Salam sukses untuk Anda!

Silakan Like, Share, dan Comment jika ingin berbagi info ini... semoga bermanfaat

 Posted on : March 26, 2011

3 Responses to “Memanfaatkan Plugin Form di WordPress”
Read them below or add one

  1. waah,agak susah juga yah mau prakteknya,…
    karena wp saya belum pake plugin tersebut.

  2. maaf saat ini saya belum praktek auto posting, kalo web-nya berbasis wordpress coba googling dgn kata kunci wp auto blog / wp robot …

  3. gimana caranya supaya auto posting ke halaman postingan.saya akan gunakan sebagai layanan iklan baris..tapi masih belom tau caranya.
    klo ada tutorialnya mohon dikirim ke email saya.raja.colek@yahoo.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.