Categories : Internet Marketing

 

Tahukah Anda apa produk UKM unggulan Cimahi ? Dapatkah produk tradisional menjadi produk yang masuk  menjadi selera nasional? Jawaban dua pertanyaan tersebut tentunya bisa beragam dan memiliki parameter yang berbeda tergantung sudut pandang dan pengalaman. Pada kesempatan ini, penulis hendak berbagi pengalaman tentang bagaimana mengembangkan potensi produk lokal memanfatkan media internet.

Produk Minuman Tradisional UKM Kota Cimahi

Kota Cimahi yang akan berulang tahun ke -12 pada bulan Juni 2013 adalah kota yang memiliki sejarah panjang sejak zaman Belanda hingga kini. Berbagai peninggalan sejarah berupa bangunan menjadi salah satu bukti yang masih cukup banyak terdapat di kota ini. Begitu pula dengan warisan budayanya. Kota Cimahi yang berada di wilayah Priangan memiliki warisan turun temurun berupa minuman tradisional antara lain bandrek dan bajigur. Kedua minuman yang masih populer dan kerap dihidangkan pada berbagai acara baik formal ataupun non formal ini merupakan potensi lokal yang masih terpelihara hingga saat ini.

Kota CimahiKota Cimahi sebagai kota yang memiliki prestasi di bidang Information dan Communication Technology (ICT) tentunya memiliki visi dan misi yang mendukung pengembangan ekonomi kreatif. Berdirinya Baros Information Technology Creative (BITC) adalah salah satu bentuk keseriusan pemerintah daerah untuk mewadahi aneka kegiatan kreatif di bidang teknologi informasi.

Berbagai fasilitas dan kegiatan pendukung yang telah tersedia di BITC ini tentunya diharapkan menjadi pemicu SDM Cimahi untuk berkontribusi dalam pengembangan kegiatan pelayanan kepada masyarakat.  Salah satu kegiatan terkini yang diadakan adalah Cimahi Blog Competition yang dapat menjadi ajang kreatif blogger mengekspresikan ide, pemikiran dan pengalamannya seputar Cimahi.

Produk UKM dan Pemasaran Online
Pesatnya perkembangan teknologi khususnya di bidang internet marketing tentunya harus bisa dimanfaatkan pula oleh UMKM untuk memasarkan produknya secara lebih luas. Begitu pula dengan produk UKM Kota Cimahi, memiliki kesempatan yang sama untuk lebih maju dan berkembang.

Salah satu produk unggulan Kota Cimahi yang telah memanfaatkan pemasaran melalui internet adalah produk minuman tradisional merek Hanjuang yang diproduksi Cintek. Melalui proses riset dan pengembangan terhadap apa saja yang dicari dan dibutuhkan pasar di internet yang berkaitan dengan produk yang ada, dirumuskanlah beberapa strategi yang akan diterapkan untuk memasarkan produk UKM ini melalui media daring.

[yframe url=’http://www.youtube.com/watch?v=crNsBj8HmjA’]

Toko-jual-bajigur-hanjuangHasilnya, saat ini jika Anda mengetikkan kata-kata seperti : bajigur online, bandrek online, toko bajigur online, toko bandrek online, minuman tradisional khas priangan atau jual minuman bajigur maka yang muncul di urutan awal hasil pencarian mesin pencari seperti google adalah web hanjuang.com .

Hasil lain dari proses internet marketing tentunya adalah ribuan paket yang telah terkirim ke ratusan kota di seluruh Indonesia. Jadi, kalau ada yang bertanya apa produk UKM unggulan Kota Cimahi dan diterima oleh konsumen secara nasional jawabannya adalah Minuman Tradisional Khas Priangan merek Hanjuang !

 

 

Silakan Like, Share, dan Comment jika ingin berbagi info ini... semoga bermanfaat

3 Responses to “Produk Minuman Tradisional UKM Unggulan Kota Cimahi”
Read them below or add one

  1. Setiap daerah pasti punya sesuatu yang khas seperti bandrek, kalau d tempat ku pacet mojokerto jawatimur ada macam2 hasil olahan keripik terutama keripik ketela. Dan untuk minuman tradisional ada beras kencur.

  2. Saya tertarik dengan informasi mengenai minuman tradisional diatas. Indonesia memang Negeri yang memiliki keanekaragaman kuliner yang memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing.Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Explore Indonesia yang bisa anda kunjungi di Explore Indonesia

  3. Madu dimana-mana selalu dibutuhkan untuk kesehatan, termasuk kesehatan lelaki.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.