Categories : Database

 

Anda merasa pusing, suntuk, mentok, ruwet, karena gagal memindahkan database MySQL ? Apakah masalah-masalah berikut yang Anda alami :

import_database_phpMyAdmin

  • Proses pemindahan database MySQL di menu phpMyAdmin cPanel hosting gagal?
  • Sudah coba import database, namun tidak berhasil dengan keterangan bahwa ukuran file melebihi maksimum yang diperkenankan ?
  • Sudah coba import file database SQL yang sudah di kompress menjadi ZIP file namun tetap gagal ?
  • Sudah coba pakai tool bigdump namun tetap gagal dengan keterangan ‘Extended Inserts’ bermasalah ?

Proses memindahkan database ketika Anda berpindah hosting terkadang tidak selalu lancar sesuai dengan tutorial dan panduan standar. Demikian pula yang saya rasakan ketika berusaha memindahkan file database yang berukuran ‘hanya’ 60Mb-an ketika berpindah hosting.

Ketika cara-cara baku sudah dilakukan namun hasilnya tetap gagal, tentunya hal ini membuat kening berkerut dan membuat rasa penasaran. Mari kita pelajari contoh kasus dari yang saya alami ini, semoga bisa diterapkan pula untuk kasus yang Anda alami.

Bagaimana cara mengatasi masalah import database MySQL di phpMyAdmin karena ukuran database yang besar ?

Secara standar, ketika kita memindahkan script dan database dari satu domain ke domain lainnya proses yang dilakukan untuk memindahkan database pada hosting yang menggunakan sistem cPanel adalah memanfaatkan fasilitas menu MySQL Database dan phpMyAdmin. Tutorial dan cara standar memindahkan database dengan kedua aplikasi ini sudah banyak yang membahasnya, silakan googling saja untuk penjelasannya. Pembahasan studi kasus disini adalah untuk menangani hal yang tidak bisa diselesaikan dengan cara-cara biasa.

Masalah yang saya alami pada intinya adalah ukuran file MySQL yang dianggap besar dan adanya extended inserts yang bermasalah dalam database yang menjadi sumber untuk diimport.

Langkah awal yang saya coba adalah menyiapkan database baru, membuat user untuk database, dan membuat password database terlebih dulu melalui menu MySQL Database,

Langkah kedua, saya melakukan import langsung database melalui menu phpMyAdmin. Pada tahap ini data gagal untuk diimport dengan keterangan bahwa ukuran database dianggap besar.
Karena dengan cara standar ini tidak berhasil, saya telusuri bagaimana alternatif solusi lainnya dan dapatkan informasi penggunaan tools import database bigdump.

import_database_pakai_bigdump0

Langkah ketiga menggunakan tool bigdump untuk melakukan proses import data. Melalui tool ini pun, ternyata proses import tidak langsung bisa dilakukan karena ada keterangan bahwa database bermasalah dengan ‘Extended Inserts‘. Setelah coba pelajari di stackoverflow.com, akhirnya dapat satu kunci lagi yaitu dengan mengedit file bigdump.php.
Cukup edit dengan  text editor , cari baris

'define ('MAX_QUERY_LINES',300);'

Kemudian ganti nilai 300 dengan angka yang lebih besar. Untuk kasus saya nilainya saya ganti menjadi 3000. Setelah itu saya coba kembali tool bigdump dan akhirnya…. Done  🙂 !

import_database_pakai_bigdump Semoga studi kasus ini bisa membantu Anda yang sedang mengalami masalah dengan import database SQL di hosting Anda.

 

 

 

Silakan Like, Share, dan Comment jika ingin berbagi info ini... semoga bermanfaat

 Posted on : June 24, 2016

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.