Categories : Motivation & Mindset

 

Kehidupan dipastikan selalu mengalami perubahan. Entah hal tersebut kita sadari atau tidak. Era pun demikian adanya. Tahukah Anda di era apakah kita sekarang berada? Apakah era-era yang sudah ada dan yang akan datang? Setidaknya, kita mengenal ada beberapa era yang telah terjadi di dunia ini. Mulai dari era berburu, agraris, industri, informasi, dan konseptual. Tahukah Anda ciri-ciri dari setiap era tersebut?

Pada zaman dahulu, ketika kehidupan dihuni oleh manusia purba kebutuhan dicukupi dengan cara memanfaatkan alam apa adanya. Saat itu, untuk memenuhi hasrat dan kebutuhannya, manusia memperolehnya dengan cara mengambil/ menggunakan apa yang ada di lingkungan sekitarnya. Aneka kebutuhan hidup tercukupi dari alam, kalau ingin makan tinggal petik makanan dari pohon, ingin ikan tinggal ambil dari sungai/kolam. Kehidupan pada masa tersebut kita sebut saja era berburu.

Bertambahnya manusia dan berkembangnya kebudayaan membuat manusia mengembangkan pola baru dalam kehidupannya. Kemampuan bercocok tanam dan hasrat untuk menetap dan menguasai lokasi tertentu menjadi pilihan selanjutnya. Kebutuhan hidup pun kemudian dicukupi dengan bercocok tanam dan beternak. Pada masa ini, mulailah dikenal golongan penguasa tanah atau raja dan golongan kaum budak atau pesuruh. Kaum penguasa tanah menguasai lahan dan kaum budak yang bekerja untuk pada penguasa atau raja. Inilah ciri dari era selanjutnya yaitu era agraris.

Era berganti dan pola kehidupan manusia pun berubah kembali. Dipicu dengan penemuan mesin uap di abad ke-15 muncullah era industri. Pada masa ini industri yang menggunakan mesin bermunculan dan dibutuhkanlah kelompok pekerja terampil sebagai operator dan teknisi mesin industri. Pada saat itu orang yang paling kaya adalah orang yang memiliki pendidikan tinggi dan modal yang besar menjadi penentu utama kesuksesan seseorang dalam berbisnis.

Akhir tahun 80-an era berubah kembali, pendidikan tinggi dan modal besar bukanlah satu-satunya jalan meraih sukses. Kita mengenalnya dengan sebutan era informasi. Semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk meraih kesuksesan. Orang dapat merubah nasibnya menjadi kaya dengan mengakses dan memanfaatkan informasi menjadi peluang usaha. Penghasilan seseorang pun dapat meningkat dengan cara membangun jaringan usaha seluas-luasnya. Semakin luas jaringan usahanya, maka semakin besar penghasilannya, bahkan bisa mengalahkan orang yang pendidikannya jauh lebih tinggi dari dirinya.

Era informasi pun saat ini sudah mulai berganti. Perkembangan teknologi informasi memicu perkembangan era ke dalam era yang ‘menghilangkan‘ batasan ruang dan waktu. Seseorang bisa berhasil dan sukses dengan memiliki konsep yang unik dan bahkan seringkali terlihat/terdengar tidak lazim. Era ini bisa kita kelompokkan sebagai era konseptual.

Mau tak mau, suka tak suka, perubahan selalu dan pasti terjadi. Hanya orang yang bisa ‘melihat‘ perubahan-lah yang bisa ‘memanfaatkan‘ untuk meraih kesuksesan. Jika Anda ingin memiliki kemampuan melihat dan memanfaatkannya, maka tak ada pilihan lain bahwa Anda harus memiliki kelompok atau tim yang memiliki support system untuk belajar dan bekerja sama. Tom Agency adalah sebuah pilihan tepat yang dapat mewujudkannya. Jika Anda tertarik, hubungi saya untuk bersama meraih kesuksesan!!

Silakan Like, Share, dan Comment jika ingin berbagi info ini... semoga bermanfaat

 Posted on : August 5, 2010

2 Responses to “Menyikapi Perubahan”
Read them below or add one

  1. kerennn… keep posting gan 🙂

  2. Keren mas, saya baru tau tentang ini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.