Banyak istilah yang memiliki makna dan terminologi yang mirip serta saling terkait dengan kata-kata : motivasi, paradigma, mindset, kerangka berpikir. Dalam bahasa awam, pengertian motivasi adalah sesuatu yang menjadi pendorong kita mengerjakan hal-hal abstrak sebelum terwujud secara konkrit. Motivasi juga membantu kita untuk terus berusaha menjalankan aktivitas yang mengarahkan kita mencapai visi.

Motivasi di tangan para motivator dikemas menjadi program yang powerfull dapat membantu kita pada berbagai bidang mulai dari program training; motivasi belajar, motivasi kerja, motivasi diri (pengembangan diri), motivasi karyawan, ataupun motivasi berprestasi.

Tulisan ini bukanlah merupakan artikel motivasi yang membahas teori motivasi, namun sekedar ungkapan dan keyakinan saya bahwa Anda dan Kita semua perlu memiliki motivasi!

Saat ini Anda mungkin mengenal beberapa motivator hebat di Indonesia seperti :

  • Mario Teguh dengan Golden Ways,
  • Andre Wongso dengan Succes is My Right,
  • Tung Desem Waringin dengan Marketing Revolution,
  • Hermawan Kertajaya dengan MarkPlus,
  • Abdullah Gymnastiar dengan Manajemen Qolbu,
  • Bong Chandra dengan Unlimited Wealth,
  • Anne Ahira dengan Asian Brain, dan
  • Verry Tom Harry dengan Tom Agency

Jika Anda memiliki waktu dan kesempatan, tidak ada salahnya jika Anda bisa berinteraksi dengan mereka. Ada kalanya orang termotivasi lebih kuat setelah mendapatkan pencerahan dari apa yang dia lihat, baca, dengar, dan rasakan atau dengan kata lain ada faktor eksternal sebagai trigger.

Setelah Anda memiliki motivasi, hal penting lainnya yang harus dipelajari dengan benar adalah mindset/ paradigma. Mindset merupakan konsep berpikir yang harus dipelajari, dan diterapkan secara berkesinambungan dalam aktivitas keseharian kita. Apa artinya artinya memiliki motivasi kuat tetapi kerangka berpikir yang digunakan tidak teruji dan bahkan bertentangan dengan aturan serta hukum yang berlaku?! Terus terang, saat ini diantara biang masih terpuruknya negara tercinta ini adalah bukan motivasi yang tidak ada, tetapi penempatan pengertian paradigma yang keliru-lah yang menyebabkannya. Masih banyaknya praktek KKN dan pimpinan yang kurang amanah kita menjadi suguhan sehari-hari di media massa kita.

Menjalankan kehidupan tanpa motivasi yang kuat dan mindset yang benar akan membuat hidup menjadi hampa. Memiliki motivasi yang kuat membuat kita mempunyai energi untuk terus berjuang dan berusaha sedangkan dengan pola pikir yang benar menjadikan kita berfikir lebih terarah, rasional, dan terstruktur.

Melalui seri tulisan motivation (motivasi) dan mindset (pola pikir), marilah kita belajar dan merenungkannya untuk dapat mengambil sikap yang paling pas dengan kondisi.

Ayo wujudkan visi kehidupan Anda dengan motivasi dan mindset yang benar!

pimargin-top: 30px;
margin-left: 30px;

Silakan Like, Share, dan Comment jika ingin berbagi info ini... semoga bermanfaat

 Posted on : August 11, 2010

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.