Categories : Featured Hosting

 

Anda mengalami masalah dengan space hosting yang terbatas?! Ingin berpindah hosting tapi dengan nama domain tetap? Bagaimana cara memindahkan data yang telah di hosting di server lama dan memindahkannya ke server baru dengan nama domain sama?! Mau tau caranya? Simak saja penjelasan dibawah ini :

Pindah Server Hosting

Masalah pindah server hosting adalah salah satu hal yang akan kita hadapi jika Anda berkecimpung dengan dunia online. Ada beberapa kemungkinan atau alternatif yang bisa jadi Anda hadapi terkait dengan perpindahan hosting ini, antara lain:

  1. Pindah hosting dan nama domain tetap
    Bagian ini pun paling tidak memiliki pilihan, yaitu:
    – nama domain berada pada provider (penyedia) hosting yang sama
    – nama domain berada pada provider yang berbeda
  2. Pindah hosting dan ganti nama domain
    – pindah hosting dan ganti nama domain dengan provider sama
    – pindah hosting dan ganti nama domain dengan provider berbeda

Bisa jadi skenario ini berkembang lagi, namun setidaknya dari berbagai pilihan ini, Anda bisa mengambil poin-poin penting yang selalu Anda akan temui pada berbagai kondisi. Pada kesempatan ini, saya tidak akan membahas semua dan penjelasan detail secara teknik.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menyelesaikan permasalahan sesuai dengan masalah yang dihadapi. Contoh kasus yang ingin saya bahas adalah bagaimana cara memindahkan server hosting dari provider yang berbeda dan memiliki nama domain sama.

  • Langkah awal  yang harus anda lakukan adalah dengan memindahkan name server dari provider awal ke provider baru. Untuk melakukannya ada beberapa cara;
    – anda meminta EPP code domain dari provider lama
    – anda informasikan name server provider baru ke provider lama
  • Pada server di provider baru, Anda siapkan domain salah satunya dengan cara add on domain pada menu yang ada di cpanel.
  • Sebagai contoh kasus, saya asumsikan bahwa kita akan memindahkan web yang dibuat dengan cms wordpress. Setelah name server dan domain di server baru siap, anda lakukan proses backup database dari phpmyadmin  dan copy folder wp-contents dari file manager pada menu cpanel hosting baru.
  • Install wordpress pada provider hosting baru, lalu lakukan proses import database dan copy folder wp-contents dari file-file wordpress hasil backup. Sebelum dimport ke database baru, lakukan pengeditan pada database lama untuk bagian nama database yang disesuaikan dengan database baru.
  • Setelah proses import dan copy folder wp -contents, silakan cek hasilnya di browser Anda. Jika penyesuaian sudah sesuai, maka domain di server baru sudah bisa diakses dengan data yang kita miliki dari server lama.

Jika Anda memerlukan penjelasan lebih lanjut, silakan ajukan saja pertanyaan/komentar dan saya akan berusaha membantu… 🙂

 

Silakan Like, Share, dan Comment jika ingin berbagi info ini... semoga bermanfaat

3 Responses to “Pindah Server Hosting”
Read them below or add one

  1. saya ada masalah gan, prosesnya gak sama kyk tutorial di atas. udah terlanjur ngawur pindahnya. nameserver di domain udah di ganti sama ns yg baru. trus hosting yang lama di hapus.
    hosting lama pake 000webhost, yang baru di idhostinger. dua2nya sama2 gratisan.
    masalahnya pas masuk tanjung.in langsung masuk ke hostinger.com. solusinya gmna? saya bingung

  2. Thanks banget mas,, saya bersyukur2 banget nemu artikel ini, kebetulan lagi bingung gimana caranya

  3. Thanks banget mas,, saya bersyukur2 banget nemu artikel ini…..

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.